POTOKU

POTOKU
MY NAME IS SAMSUL

Rabu, 11 Juli 2012

CONTOH PEDOMAN TATA KERJA ORGANISASI


PEDOMAN TATA KERJA
PENGURUS KELUARA PELAJAR DAN MAHASISWA
(KPM) “GALUH RAHAYU’ CIAMIS –YOGYAKARTA
PERIODE 2009-2010
 


A. KETUA

v  STATUS
Sebagai pimpinan tertinggi organisasi KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta Periode 2009-2010.

v  FUNGSI
Pemegang kebijakan, pembuat keputusan dan penanggungjawab tertinggi organisasi KPM “Galuh Rahayu” Ciamis-Yogyakarta Periode 2009-2010.

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Memimpin, mengkoordinir program dan kerja seluruh pengurus
2.      Membina dan menjaga kelancaran kerja seluruh pengurus
3.      Membina dan memelihara jaringan hubungan stuktural keluar organisasi
4.      Mengadakan konsolidasi antar pengurus
5.      Mengawasi, mengarahkan dan mengevaluasi pengurus dalam menentukan dan melaksanakan program kerja.

v  HAK DAN WEWENANG
  1. Menjalin relasi dan komunikasi keluar atas nama organisasi.
  2. Menentukan kebijakan organisasi.
  3. Menegur, memperingatkan dan menentukan sikap terhadap pengurus yang menyimpang dari kebijaksanaan yang telah digariskan oleh organisasi.
  4. Mengganti pengurus yang mengundurkan diri atau meresuffle pengurus atas kesepakatan pengurus
  5. Mengambil alih kebijaksanaan dari suatu kerja bidang apabila bidang tersebut dianggap tidak mampu menjalankan tugas
  6. Mencegah dan memberhentikan kegiatan yang menyimpang dari kebijaksanaan yang telah digariskan
  7. Meminta laporan pertanggungjawaban dari seluruh pengurus atas realisasi program kerja dalam bidangnya masing-masing

v  TANGGUNGJAWAB
  1. Bertanggungjawab atas kebijaksanaan yang telah ditetapkan
  2. Bertanggungjawab atas kelancaran kerja seluruh pengurus
  3. Bertanggungjawab atas aktivitas dan realisasi program kerja organisasi


B. WAKIL KETUA

v  STATUS
Pembantu ketua dalam melaksanakan tugasnya

v  FUNGSI
Penanggungjawab dan pelaksana kegiatan organisasi yang berorientasi kedalam

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Membantu tugas dan pekerjaan ketua
2.      Mengadakan konsolidasi antar pengurus dan mensosialisasikan program kerja kepengurusan
3.      Membangun hubungan harmonis dan komunikasi efektif antar pengurus, pengurus dengan warga, pengurus dengan pini sepuh dan Yayasan Mitra Galuh Keluarga Ciamis-Yogyakarta


v  HAK DAN WEWENANG
1.      Mengganti kedudukan ketua bilamana berhalangan
2.      Memberikan usulan dan pertimbangan terhadap kebijakan organisasi

v  TANGGUNGJAWAB
1.      Bertanggungjawab atas realisasi program kegiatan yang berorientasi kedalam
2.      Bersama ketua bertanggungjawab atas realisasi program kerja



C. SEKRETARIS

v  STATUS
Sebagai penanggungjawab dalam bidang kesekretariatan

v  FUNGSI
Pelaksana bidang kesekretariatan

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Mengkoordinir aktivitas kesekretariatan
2.      Mengkoordinir aspek kesekretariatan dan semua bidang kepengurusan
3.      Menjaga otentisitas data kegiatan kepengurusan
4.      Memelihara dan menjaga fasilitas kesekretariatan

v  HAK DAN WEWENANG
1.      Mendistribusikan tugas dan wewenang dengan wakil sekretaris dan melimpahkan jika berhalangan
2.      Menentukan kebijaksanaan bidang kesekretariatan

v  TANGGUNGJAWAB
1.      Bertanggungjawab atas kelancaran bidang kesekretariatan
2.      Bertanggungjawab atas otentisitas data kegiatan kepengurusan
3.      Bertanggungjawab atas fasilitas/inventaris kesekretariatan
4.      Bertanggungjawab atas realisasi program kerja kesekretariatan


D. WAKIL SEKRETARIS

v  STATUS
Pembantu sekretaris dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya

v  FUNGSI
Membantu bidang kesekretariatan yang berkenaan dengan kegiatan yang berorientasi kedalam

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
Membantu tugas dan pekerjaan sekretaris

v  HAK DAN WEWENANG
1.      Menerima tugas dan wewenang distribusi kesekretariatan
2.      Mengambil alih secara otomatis tugas dan wewenang sekretaris jika berhalangan
3.      Memberikan usulan dan pertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan kesekretariatan

v  TANGGUNGJAWAB
Bertanggungjawab atas realisasi dan kelancaran program kesekretariatan terutama yang berorientasi kedalam



E. BENDAHARA

v  STATUS
Sebagai penanggungjawab dalam bidang kebendaharaan

v  FUNGSI
Pelaksana dan pengkoordinir dalam bidang kebendaharaan

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Mengkoordinir kerja bidang kebendaharaan
2.      Menjaga kelancaran kerja bidang kebendaharaan
3.      Mendistribusikan tugas dan tanggungjawab kebendaharaan dengan wakil bendahara
4.      Mengkoordinir segmen keuangan dari semua bidang kepengurusan
5.      Berusaha mencari sumber produktif keuangan bagi kepengurusan bersama dengan bidang terkait yang halal dan tidak mengikat

v  HAK DAN WEWENANG
1.      Menentukan kebijaksanaan dalam bidang kebendaharaan
2.      Mendistribusikan tugas dan wewenang dengan wakil bendahara dan melimpahkannya jika berhalangan

v  TANGGUNG JAWAB
1.      Bertanggungjawab atas kelancaran bidang kebendaharaan
2.      Bertanggungjawab atas kebijaksanaan yang telah ditetapkan
3.      Bertanggungjawab atas segmen keuangan dari bidang-bidang kepengurusan
4.      Bertanggungjawab atas inventaris kebendaharaan
5.      Bertanggungjawab atas terealisasinya program kerja kebendaharaan


F. WAKIL BENDAHARA

v  STATUS
Sebagai pembantu bendahara dalam melaksanakan tugas-tugasnya

v  FUNGSI
Pelaksana bidang kebendaharaan yang berkenaan dengan program kerja kebendaharaan

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
Membantu tugas dan pekerjaan bendahara

v  HAK DAN WEWENANG
1.      Mengganti tugas dan fungsi bendahara bilamana berhalangann
2.      Memberi usulan demi terealisasi dan kelancaran kerja bidang kebendaharaan yang berorientasi kedalam

v  TANGGUNGJAWAB
Bertanggungjawab atas realisasi dan kelancaran program bidang kebendaharaan



G. KOORDINATOR DEPARTEMEN

v  STATUS
Sebagai pimpinan dalam departemennya masing-masing

v  FUNGSI
Pengkoordinir program kegiatan dalam departemennya masing-masing


v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Memimpin dan mengkoordinir kerja departemen masing-masing
2.      Membina dan menjaga kelancaran kerja departemen
3.      Menentukan operasional program kegiatan departemen

v  HAK DAN WEWENANG
1.      Menentukan kebijakan dan membuat keputusan di dalam departemen
2.      Melimpahkan tugas dan wewenang kepada anggota depatemen bilaman berhalangan
3.      Membuat jaringan kerjasama dengan departemen lain
4.      Membuat jaringan kerjasama dengan organisasi lain

v  TANGGUNGJAWAB
1.      Bertanggungjawab atas kelancaran kerja departemen masing-masing
2.      Bertanggungjawab atas realisasi program kegiatannya masing-masing
3.      Bertanggungjawab atas kebijaksanaan program yang telah ditetapkan
4.      Bertanggungjawab atas hubungan dan koordinasi dengan departemen lain
5.      Bertanggungjawab atas inventarisasi departemen masing-masing


H. ANGGOTA DEPARTEMEN

v  STATUS
Sebagai anggota dalam departemennya masing-masing

v  FUNGSI
Pelaksana program kegiatan dalam departemennya masing-masing

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Bekerjasama dengan koordinator dalam melaksanakan semua program kegiatan
2.      Menjaga kelancaran kerja departemen masing-masing
                                                                                                                                      
v  HAK DAN WEWENANG
1.      Melaksanakan program departemen masing-masing
2.      Menerima pelimpahan tugas dari departemen masing-masing

v  TANGGUNGJAWAB
1.      Bertanggungjawab atas kelancaran kerja departemen masing-masing
2.      Bertanggungjawab atas realisasi program kerja departemen masing-masing
3.      Bertanggungjawab atas kebijaksanaan departemen masing-masing


I. PIMPINAN LEMBAGA OTONOM

v  STATUS
Sebagai pimpinan dalam lembaganya masing-masing

v  FUNGSI
Pelaksana program kegiatan dalam lembaganya masing-masing


v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Memimpin dan mengkoordinir kerja lembaganya masing-masing
2.      Membina dan menjaga kelancaran kerja lembaganya masing-masing
3.      Menentukan operasional program kegiatan lembaganya masing-masing

v  HAK DAN WEWENANG
Menentukan kebijakan dan pembuat keputusan di dalam lembaganya

v  TANGGUNGJAWAB
1.      Bertanggungjawab atas kelancaran kerja lembaganya masing-masing
2.      Bertanggungjawab atas kebijaksanaan lembaga yang telah ditetapkan
3.      Bertanggungjawab atas realisasi program kerja lembaganya masing-masing
4.      Bertanggungjawab atas inventaris lembaganya masing-masing


J. ANGGOTA LEMBAGA OTONOM

v  STATUS
Sebagai anggota dalam lembaganya masing-masing

v  FUNGSI
Pelaksana program kegiatan dalam badan lembaganya masing-masing

v  TUGAS DAN KEWAJIBAN
1.      Bekerjasama dengan koordinator lembaga dalam melaksanakan semua program kegiatan badan/lembaga masing-masing
2.      Menjaga kelancaran kerja lembaganya masing-masing

v  HAK DAN WEWENANG
1.      Melaksanakan program lembaganya masing-masing
2.      Menerima pelimpahan tugas dari koordinator badan/lembaga masing-masing


K. KOORDINATOR WILAYAH

1)      Bertanggungjawab atas kelanncaran informasi timbal balik dengan warga dalam wilayah koordinator masing-masing
2)     Membantu departemen-departemen dan lembaga dalam melaksanakan program-program kegiatannya dengan partisipasi warga
3)     Mengkoordinir warga di wilayahnya masing-masing


Tambahan :
Suatu koordinator wilayah, sekurang-kurangnya harus beranggotakan 5 (lima) orang warga.

1 komentar: